Categories: Berita
Published Maret 24, 2016

Sebanyak 600 peserta siswa-siswi SMA maupun SMK se-Kabupaten Tulungang, Selasa (22/3) mengikuti tes seleksi Paskibraka Kabupaten Tulungagung.

Seleksi dilaksanakan di halaman gedung olah raga (GOR) Lembu Peteng Tulungagung oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung.

Seleksi Paskibraka dilaksanakan selama satu hari, dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung. Pelaksanaan seleksi, dari 600 peserta tes, panitia akan mengambil 83 peserta terbaik. Nantinya, para seleksi terpilih akan melakukan tugasnya pada acara pengibaran serta penurunan Bendera Merah Putih di acara peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2016, mendatang.

Ketua panitia kegiatan, Susiani, S.Sos. MM, mengatakan maksud dan tujuan diadakanya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan rasa kebangsaan dan jiwa patriotisme generasi muda, dimana nantinya mereka diharapkan mampu tampil sebagai calon pemimpin bangsa di masa mendatang yang berwawasan kebangsaan dan berorientasi pada kemajuan bangsa.

Lebih lanjut, Susiani menjelaskan kegiatan seleksi ini akan dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada Selasa, 22 Maret 2016. Peserta yang lolos dalam seleksi akan melanjutkan latihan Paskibraka pada 27 Maret 2016.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung, Drs. Heru Santoso, MM, mengatakan bahwa Paskibraka merupakan komponen penting bagi pelaksanaan upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan yang akan diselenggarakan di Kabupaten Tulungagung pada 17 Agustus 2016 mendatang. Oleh karenannya, agar pelaksanaan tersebut berlangsung secara baik tertib dan lancar, maka diperlukan kerjasama dan persiapan yang serius serta dengan sungguh–sungguh.

Selanjutnya, Heru berharap Paskibraka nantinya tidak terjebak dalam rutinitas belaka yang lebih mengedepankan aspek formalitas. Tetapi supaya dijadikan wadah pengembangan pelajar. “Tidak hanya mengutamakan aspek  fisik belaka tetapi juga merambah upaya peningkatan kwalitas para pelajar khususnya aspek mental dan moral spiritualnya“, harap Heru. (nug/humas)

Pos Terbaru