Categories: Berita
Published Juli 21, 2017

Jum’at 21 Juli 2017 di Halaman Gedung Olah Raga Lembu Peteng digelar acara Puncak Peringatan Hari Koperasi ke 70 tahun 2017 Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Tulungagung.

Pada acara puncak peringatan yang ditandai dengan pemukulan kentongan dan penguntingan pita ini dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Gubernur Jawa Timur beserta Ibu, Ketua DPRD Jawa Timur, Aggota Forkopimda Provinsi Jawa Timur, Sekertaris Daerah dan Asisten Provinsi Jawa Timur, Bupati dan Walikota se Jawa Timur, Ketua DPRD Kabupaten Kota se Jawa Timur, Kepala Badan / Dinas / Biro Lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Wakil Bupati Tulungagung Drs. Maryto Birowo, MM beserta Ibu, Anggota Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Sekertaris Daerah Kabupaten Tulungagung Ir. Indra Fauzi , MM berserta Kepala OPD di Lingkup Pemkab Tulungagung.

Ketua Panitia Acara Puncak Hari Koperasi Provinsi Jawa Timur Dra. Sri Untari Bisowarno, M.AP. dalam Laporanya diacara ini diantaranya mengatakan bahwa kegiatan Puncak Hari Koperasi ke 70 dilaksanakan di kabupaten Tulungagung karena di Kabupaten Tulungagung adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur yang sangat produktif dan bergeliat di bidang UKM dan koperasinya dan berkat itu maka kabupaten Tulungagung tahun 2017  telah meraih penghargaan Satya Lencana Wirakarya dari Presiden RI Joko Widodo.

Dalam memperingati Hari Koperasi ke 70 tahun 2017 Provinsi Jawa Timur panitia kegiatan telah menggelar beberapa kegiatan diantaranya menggelar lomba perkoperasian yaitu lomba karya tulis Koperasi, lomba berpacu dalam Koperasi, Debat Koperasi, Jambore Pemuda, UKM Prestasi, Paduan Suara dll. menggelar acara Jalan sehat dengan Hadiah utama 1 unit Rumah yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 juli 2017, melakukan bakti sosial yaitu melakukan bedah rumah di lima rumah tidak layak huni yang ada di Kabupaten Tulungagung, menggelar pasar Rakyat oleh Kopwan, serta menggelar pertunjukan kesenian rakyat berupa pagelaran Wayang Kulit.

 Bupati Tulungagung Syahri Mulyo Se, MSi dalam sambutanya diacara ini diantaranya mengatakan bahwa masyarakat Kabupaten Tulungagung pada prinsipnya merasa bangga dan senang sekali, karena dipercaya sebagai tempat pelaksanaan puncak peringatan Hari Koperasi ke 70 Provinsi Jawa Timur tahun 2017.

 Selanjuntya bupati menjelaskan bahwa jumlah UMKM di Kabupaten Tulungagung hingga saat ini  telah mencapai 51.569 Unit Usaha dengan Omset sebanyak 1,6 Trilyun.

 Lebih lanjut Bupati juga mengatakan bahwa dalam membina UMKM dan memajukan UMKM di Kabupaten Tulungagung Pemkab Tulungagung sejak tahun 2014 juga telah  membentuk Forum Komunikasi UMKM di Kabupaten Tulungagung. “ dan semoga kegiatan ini dapat mendorong peran aktif masyarakat dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, memperkuat integrasi sosial dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia ” , Kata Bupati. (nug)

Pos Terbaru