Categories: Berita
Published Agustus 5, 2021

Bupati Tulungagung, Drs.Maryoto Birowo, M.M, Kamis (5/8/2021) sore, menyerahkan surat kesepakatan pencalonan dua calon wakil bupati (cawabup) dari gabungan parpol pengusung pada Ketua DPRD Tulungagung, Marsono, S.Sos, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa. Pengiriman surat ini setelah pengurus parpol pengusung dan para cawabup menandatangani surat kesepakatan pencalonan cawabup tersebut.

Dengan telah diserahkannya surat pencalonan wabup ke DPRD Tulungagung, menurut Bupati Maryoto, membuat pemilihan Wabup Tulungagung segera diproses di DPRD Tulungagung. “Mekanismenya berdasarkan pada UU Nomor 10 tahun 2016,” tuturnya.

Sebelum surat diserahkan ke Ketua DPRD Tulungagung, Bupati Maryoto menyaksikan pula penandatanganan surat kesepakatan tersebut. Mereka yang bertandatangan adalah Ketua dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Tulungagung, Susilowati dan Sodik Purnomo serta Ketua dan Sekretaris DPD Partai Nasdem Tulungagung, Ahmad Djadi dan Tatang Adi Wiyono. Selain juga Cawabup dari PDI Perjuangan, Gatut Sunu Wibowo, dan Cawabup dari Partai Nasdem, Panhis Yody Wirawan.

Sementara itu, Marsono menyatakan akan segera menindaklanjuti surat yang telah diterimanya dari Bupati Maryoto Birowo. “Kami akan tindaklanjuti dengan rapat pimpinan dan setelah itu mengundang fraksi-fraksi untuk membentuk panitia pemilihan (panlih),” bebernya.
Ia menyebut panlih nantinya yang akan bertugas dalam persiapan pemilihan Wabup Tulungagung sampai pemungutan suara yang akan dilakukan dalam rapat paripurna dewan. Termasuk dalam penyiapan tata tertib pemilihan, jadwal serta sarana dan prasarananya.

Marsono selanjutnya menyatakan Panlih Wabup di DPRD Tulunaggung dimungkinkan baru dibentuk pada pekan depan. “Setelah itu berlanjut ke tahapan-tahapan berikutnya. Kemungkinan proses pemilihannya tidak akan lama,” pungkasnya. (Pri/Prokopim)

Pos Terbaru