Categories: Berita
Published Juni 9, 2022

Dalam rangka mengikuti lomba 10 program pokok PKK  tingkat Propinsi Jawa Timur berbagai upaya dilakukan oleh Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, salah satu diantaranya adalah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk kegiatan pelaksanaan lomba.

 Terkait dengan persiapan inilah maka Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, Bersama Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE dan Sekda Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si melakukan cek lapangan di Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu pada hari Kamis, 9 Juni 2022.

Hadir pula dalam acara yang bgerjalan selama satu  hari ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung  Ny Siyuk Maryoto Birowo dengan didampingi pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung serta para Kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung.

Dalam arahanya Bupati Tulungagung sebelum melakukan peninjau lapangan diantaranya mengatakan bahwa desa yang mewakili kabupaten tulungagung dalam pelaksanaan kegiatan lomba desa dan sepuluh program pokok pkk tingkat provinsi jawa timur tahun 2022 sesuai hasil penilaian dari tim lomba desa kabupaten tulungagung dengan nilai tertinggi diraih oleh desa kendalbulur kecamatan boyolangu, sehingga desa kendal bulur selanjutnya diajukan untuk mengikuti pelaksanaan lomba desa dan sepuluh program pokok pkk di tingkat provinsi jawa timur tahun 2022 yang sampai dengan ini sampai dengan tahapan persiapan untuk penilaian lapang yang akan dilakukan oleh tim penilai dari provinsi jawa timur.”Pemerintah kabupaten tulungagung memiliki tanggungjawab memberikan pembinaan dan pengawasan pada penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat, hal tersebut sebagaimana diamanahkan dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, khususnya pasal 2 menjelaskan bahwa negara kesatuan republik indonesia dibagi atas daerah provinsi dan daerah provinsi dibagi atas daerah kabupaten/kota. daerah kabupaten/kota dibagi atas kecamatan dan kecamatan dibagi atas desa/kelurahan, sehingga penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah dilaksanakan berdasarkan azas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan. berdasarkan hal ini, pembinaan dan pengawasan dilaksanakan mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan secara berjenjang sampai dengan desa/kelurahan.“, kata Bupati .

Bupati Selanjutnya mengakatan bahwa lomba desa dan lomba sepuluh Program Pokok Pkk ini adalah sebagai salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas masyarakat, partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan swadaya gotong royong masyarakat di desa serta sekaligus mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan dengan melihat tingkat perkembangan pembangunan desa. “Dalam kesempatan ini saya sengaja datang ke Desa Kendalbulur untuk melihat secara langsung sejauh mana kesiapan desa kendalbulur serta keseriusan pemerintah kabupaten tulungagung dalam hal ini dinas /badan/kantor sebagai organisasi perangkat daerah melakukan pembinaan dan pendampingan dalam rangka persiapan penilaian lapang lomba desa dan sepuluh program pokok Pkk tingkat provinsi Jawa Timur tahun 2022 tersebut sebagai upaya untuk memperlancar pelaksanaan lomba desa secara terarah, terkoordinasi dan terpadu dengan memperhatikan poin-poin penting penilaian oleh tim penilai dari provinsi Jawa Timur.”, lanjut Bupati .

Terakhir Bupati mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Tulungagung, Bupati mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa serta seluruh elemen masyarakat Desa Kendalbulur yang telah bekerja dengan sungguh – sungguh untuk mempersiapkan diri dalam rangka penilaian lomba desa dan Sepuluh Program Pokok Pkk Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun ini, semoga kerja keras kita nantinya memperoleh hasil terbaik dengan harapan sebagai Juara I di tingkat provinsi Jawa Timur, sehingga Desa Kendalbulur nantinya menyandang predikat desa cepat berkembang dan sebagai contoh dari desa – desa lainnya di Kabupaten Tulungagung sebagaimana tema pelaksanaan lomba desa tahun ini adalah desa dan kelurahan tangguh ekonomi masyarakat tumbuh.“Mari kita berikan yang terbaik untuk Desa Kendalbulur khususnya dan Kabupaten Tulungagung pada umumnya.”, ajak Bupati. ( Nug / Prokopim ).

Pos Terbaru