Categories: Berita
Published Agustus 25, 2020

Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, selasa, (25/08/2020) sekitar pukul 10.00 WIB digelar acara Pencanangan Inpres Nomer 6 tahun 2020.
Dalam acara yang diikuti sekitar 45 peserta yang berasal dari Anggota TNI Kodim 0807 Tulungagung, anggota Polri Polres Tulungagung, camat se-kabupaten Tulungagung, Anggota BPBD serta dinas terkait ini dicanangkan oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M.
Kegiatan yang juga dihadiri oleh Anggota Forkopimda Kabupaten Tulungagung ini di tandai dengan pemberangkatan patroli satgas Inpres No 6 tahun 2020 oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M dengan didampingi anggota Forkopimda Kabupaten Tulungagung.
Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia S.I.K., M.Hum., dalam sambutannya menyatakan bahwa kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan masih kurang. Padahal protokol kesehatan adalah kunci pemutus mata rantai penyebaran Covid-19. Maka dari itu, sesuai dengan Inpres Nomor 6 Tahun 2020, Polri turut mendukung melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat dengan bersinegritas bersama TNI dan Satpol PP.
Hal ini juga didukung dengan pernyataan Letkol Inf. Mulyo Junaidi yang menyatakan bahwa TNI akan selalu berupaya membantu pemerintah daerah dalam upaya penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Tulungagung. Inpres yang diterbitkan ini memiliki fungsi sebagai landasan hukum dalam upaya penanganan pandemi dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.
Sementara itu Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M mengatakan bahwa implementasi Inpres No.6 Tahun 2020 ini melibatkan peran TNI dan POLRI serta seluruh aparatur pemerintah daerah. Semua pihak diharapkan dapat menyamakan persepsi dan pola piker dalam upaya optimalisasi pendisiplinan protokol kesehatan.
Selanjutnya Bupati juga mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu cemas dengan adanya Inpres Nomor 6 Tahun 2020 karena tujuan dari Inpres ini adalah melindungi masyarakat. “Sanksi yang diberikan adalah sanksi sosial yang dapat disesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing daerah”, ujar Bupati Tulungagung.
Untuk mendukung Inpres Nomor 6 Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Tulungagung mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 55 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.
Sesuia Inpres nomor 6 tahun 2020, maka di Tulungagung dibentuk 6 Satuan Tugas yang terdiri dari Satgas Pengawasan, Satgas Patroli, Satgas Pembinaan dan Pendisiplinan, serta Satgas Hukum.
Sebagai simbol pencanangan pelaksanaan Inpres Nomor 06 Tahun 2020, ini maka dilakukan pemasangan rompi kepada Satgas oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M dengan Forkopimda Kabupaten Tulungagung. (Nug/ Mg/ Pro)

Pos Terbaru