Categories: Berita
Published Oktober 4, 2019

Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulangagung, Jum’at, 04/10/2019, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M., melantik Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung. Dalam acara yang berjalan selama satu jam dan khidmat ini disaksikan oleh para Kepala OPD Lingkup Pemkab Tulungagung.

Dalam sambutanya usai melantik Penjabat Sekertaris Daerah Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M., diantaranya mengatakan bahwa pelantikan hari ini menjadi penting karena penjabat sekretaris daerah mempunyai tugas strategis yaitu membantu bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian admisistratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif. ”Diangkatnya penjabat sekretaris daerah Kabupaten Tulungagung hari ini tidak lain karena adanya kekosongan jabatan sekretaris daerah sejak 1 Oktober 2019 dikarenakan saudara Ir. Indra Fauzi M.M memasuki batas usia pensiun (BUP).”, ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan ada mekanisme baru dalam proses penetapan penjabat sekretaris daerah, berdasarkan peraturan Presiden nomor 3 tahun 2018 tentang penjabat sekretaris daerah pasal 5 ayat 2 menegaskan bahwa Bupati/Walikota mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas sekretaris daerah setelah mendapatkan persetujuan Gubernur sebgai perwakilan pemerintah pusat di daerah “ dan pasal 3 menegaskan “ masa jabatan Penjabat Sekretaris Daerah sebagaimana yang dimaksud pada ayat 2 paling lama 6 (enam) bulan dalam hal Sekretaris Daerah tidak bisa melaksanakan tugas dan paling lama 3 (tiga) bulan dalam hal terjadi kekosongan Sekretaris Daerah.” Kemudian pasal 9 menegasakan bahwa “Penjabat Sekretaris Daerah dilantik oleh pejabat pembina kepegawaian paling lambat 5 (lima) hari kerja terhitung sejak keputusan pengangkat penjabat sekretaris daerah ditetapkan” serta disebutkan juga dalam pasal 10 ayat (1) “proses seleksi terbuka pengisian sekretaris daerah oleh kepala daerah harus sudah dimulai paling lambat 5 (lima) hari kerja terhitung sejak terjadinya kekosongan sekretaris daerah.”, Kata Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa saat ini badan kepegawaian daerah sudah mulai menyiapkan rencana pelaksanaan seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah, saya menghimbau kepada pejabat pimpinan tinggi pratama (ESELON II) yang memenuhi syarat supaya mendaftar mengikuti seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah, apabila pengumuman pendaftaran telah dibuka oleh panitia seleksi.”Saya berharap penjabat sekretaris daerah dapat melaksanakan fungsi dan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab disamping itu juga penjabat sekretaris daerah harus dapat memastikan program program prioritas pemerintah kabupaten tulungagung berjalan sesuai dengan perencanaan”, harap Bupati.

Adapun Penjabat Sekertaris Daerah kabupaten Tulungagung yang dilantik adalah Drs. Sukaji, M.Si., dengan surat persetujuan Gubernur Jawa Timur Nomor 821.2/11516/204.4/2019 tanggal 1 Oktober 2019. (hms).

Pos Terbaru