Categories: Berita
Published November 19, 2021

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke-816, pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar upacara adat Bersih Nagari secara sakral, setiap tanggal 18 November bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso kamis (18/11/2021).

Upacara adat bersih Nagari ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan disimbolkan dengan dua buceng raksasa yaitu buceng lanang dan buceng wadon dengan buceng lanang terdiri nasi kuning lengkap dengan aneka lauk pauk sedangkan buceng wadon berisi aneka buah-buahan. Namun karena masih dalam masa pandemi, upacara dilakukan dengan undangan terbatas dan tidak dibuka untuk umum.

Dalam upacara adat yang berlangsung secara sakral di pendopo kongas arum kusumaning bongso, rute arak-arak an di perpendek cukup dari gerbang pintu depan pendopo.

Upacara adat hari jadi Tulungagung ke-816 di hadiri Bupati Tulungagung Maryoto Birowo beserta Ibu, wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo beserta Ibu, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono beserta Ibu, Forkopimda Tulungagung, Kepala Dinas Instansi terkait, Ketua panitia penyelenggara beserta anggota, para tokoh masyarakat khususnya di Kabupaten Tulungagung serta para tamu undangan yang hadir.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dalam sambutanya mengucapkan ”Selamat hari jadi Tulungagung yang ke-816″ dan berdoa semoga Tulungagung selalu di berikan keselamatan, kesehatan dan kerukunan warga masyarakat khususnya di Kabupaten Tulungagung.

“Mari kita bersama menjadikan Tulungagung ini, “Jerbasuki Mowo Beyo” kedepan bisa lebih baik dapat mengembangkan pembangunan maupun pengembangan pariwisata, yang Ayem Tentrem Molyo Lan Tinoto dengan ucapan,”Joyo Joyo Wijayanti, ler Ing Sambi Kolo,” ungkap Bupati Tulungagung.

Setelah di doakan, kedua buceng berukuran raksasa di bawa keluar pendopo dan menjadi rebutan warga masyarakat, namun karna situasi masih pandemi covid 19, harus tetap mengikuti protokol kesehatan, maka panitia pelaksana meniadakan sesi rebutan kedua buceng di bawa ke samping belakang pendopo. (pri/Prokopim)

Pos Terbaru