Categories: Berita
Published Maret 10, 2021

Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa,  Rabu ( 10/03/2021 ) Pkl. 09.00 WIB Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung melakukan vaksinasi tahap kedua dosis pertama untuk pencegahan penularan Covid-19.

Acara yang disambut antusias oleh peserta ini diikuti para kepala OPD dan pengurus PKK Kabupaten, serta para waratawan dan masyarakat umum.

Vaksinasi di pendopo ini diikuti sekitar 300 orang sasaran vaksin. Yang berasal dari  kepala OPD dan pengurus PKK Kabupaten, serta para waratawan dan masyarakat umum yang mengikuti vaksin sebelumnya dengan tempat di Balai Budaya Tulungagung .

Bupati mengatakan bahwa dalam pengendalian Covid -19 diperlukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutus mata rantai penularan penyakit yaitu melalui upaya Vaksinasi Covid -19. Dan pada tanggal 14 Desember 2020 pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan telah menetapkan peraturan Menteri kesehatan nomer 84 tahun 2020 tentang pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Corona Virus Disesae ( Covid -19 ).

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa Vaksiansi Covid -19 secara umum bertujuan untuk mengurangi transmisi Covid -19, menurunkan angka kesakitan, dan kematian akibat Covid -19 serta mencapai kekebalan kelompok di masyarakat ( herd Immunity ) dan melindungi masyarakat dari Covid – 19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. “saat ini Kabupaten Tulungagung telah menerima Vaksin Covid -19 sejumlah 4.400 buah pada tanggal 26 Januari 2021, vaksin ini digunakan untuk pelaksanaan Vaksinasi Covid -19 tahab 1 dengan sasaran tenaga kesehatan sejumlah 5.371 sasaran Cut off per tanggal 20 januari 2021. Setiap sasaran terpenuhi. Kekebalan kelompok akan terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah. “ kata bupati.

Selanjutnya bupati mengajak kepada semua pihak untuk mensukseskan pelaksanaan Vaksinasi  Covid -19 di Kabupaten Tulungagung dengan kerjasama sinergitas seluruh masyarakat dan tenaga yang bertugas dalam pelaksanaan vaksiansi covid -19, sehingga kekebalan kelompok dapat terbentuk serta pandemi Covid -19 segera berakhir. ( Nug/ Pro)

 

Pos Terbaru