Categories: Berita
Published Juni 1, 2022

Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo,M.M mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2022 secara virtual bersama Presiden RI Joko Widodo, pada Rabu, (1/6/2022) mulai pukul 07.45 WIB, ikut mendampingi Wakil Bupati Tulungagung H. Gatut Sunu Wibowo,SE beserta anggota Forkopimda, Sekda kab, OPD dan unsur jajaran TNI Polri.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, yang pelaksanaannya dipusatkan di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), serta diikuti oleh jajaran Pemerintah Daerah se Indonesia secara virtual.

Sementara komandan upacara diemban oleh Kolonel Inf Tunjung Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana. Kemudian bertindak selaku pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo. Sementara itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick membacakan naskah UUD 1945. Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan membacakan doa setelah pemberian amanat dari inspektur upacara. Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari.

“Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya. Presiden Jokowi mengungkapkan Ende merupakan kota bersejarah karena di kota inilah Soekarno, Presiden pertama RI, merenungkan dan merumuskan Pancasila.

“Yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara,” ujar Jokowi. (Prokopim).

Pos Terbaru