Categories: Berita
Published April 30, 2016

Menindak lanjuti surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Nomor 443.24/6109/111.2/2016, tanggal 15 April 2016, serta surat Direktur P2ML Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI nomor PM.02.05/DIII.I/667/2016 tanggal, 5 April 2016, perihal Audiensi dan sosialisasi tentang Strategi Nasional Program Tuberkulosis di Kabupaten Tulungagung, maka Pemkab Tulungagung melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Rabu, 27 April 2016, menggelar Audiensi dan Sosialisasi Tentang Strategi Nasional Program Tuberkulosis di gedung pertemuan Sabha Husada Bakti Dinas Kesehatan.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM, perwakilan Kemendagri RI, Perwakilan Kemenkes RI, Perwakilan dari WHO, Dinkes Provinsi, Ketua dan anggota dari komisi C DPRD Tulungagung, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Dinkes, Kepala UPT Dinkes yang berada di Kecamatan Ngunut dan Ngantru, Camat Ngantru dan Camat Ngunut dan SKPD terkait Lingkup Pemkab Tulungagung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr. Gatot Dwi Prijo mengatakan terkait dengan strategi nasional program Tuberkulosis, Kabupaten Tulungagung termasuk dalam 10 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia yang terpilih khusus untuk program pengendalian Tuberkulosis tersebut.

Lebih lanjut, dr. Gatot berharap dengan adanya program dari pemerintah pusat ini, Kabupaten Tulungagung dalam melakukan penanganan penyakit Tuberkulosis (TB) mendapatkan bantuan dalam bentuk apapun dari pemerintah pusat, sehingga penderita TB di Kabupaten Tulungagung bisa tertangani dengan baik.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah RI, karena Kabupaten Tulungagung termasuk di dalam 10 Kabupaten/Kota  di Indonesia yang terpilih dalam melaksanakan  Program Strategi Nasional Program Tuberkulosis.

Lebih lanjut, Wakil Bupati melaporkan bahwa program kesehatan di Kabupaten Tulungagung, pada saat ini termasuk dalam program skala prioritas dan ini dituangkan dalam Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Terkait dengan penanganan pencegahan penyakit TB di Kabupaten Tulungagung Wakil Bupati berharap, agar para peserta sosialisasi siap mendukung program TB yang dicangkan oleh Pemerintah RI dengan cara penanganan pengendalian penyakit TB ini lebih ditingkatkan.

Sosialisasi diisi dengan pemaparan dengan materi situasi TB (Tulungagung nge–TOSS TB Bisa), oleh Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Didik Eka, SP, SKM, M.Si. (nug/humas)

Pos Terbaru