Categories: Berita
Published Agustus 19, 2021

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Maryoto Birowo buka Sosialisasi pencegahan Stunting melalui pendampingan ibu hamil kurang energi kronis (KEK) dan atau (Anemia)  secara virtual.

Acara Sosialisasi ini dihadiri oleh ketua dan wakil ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Tulungagung, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Ketua Pokja I, II, III dan IV Serta ketua Tim PKK Kecamatan se Kabupaten Tulungagung.

Tujuan sosialisasi ini adalah meningkatkan pengetahuan peserta tentang Stunting dan penyebab gejalanya, meningkatkan pengetahuan peserta tentang resiko tinggi dan pengenalan tanda kelahiran pada kehamilan serta persalinan pada masa nifas dan terakhir memberikan gambaran pada peserta tentang kegiatan Pesut Damini.

Ketua Tim penggerak PKK kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Maryoto Birowo menyampaikan bahwa kekurangan  energi kronis (Kek) dan Anemia menjadi salah satu penyebab adanya bayi lahir  rendah dan panjang badan kurang dari 48 Cm, adapun bayi yang lahir dengan berat badan rendah dan panjang kurang dari normal, maka akan beresiko lebih tinggi mengalami Stunting.

Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kurang energi kronis (KEK) dan Anemia Serta Angka Kematian Ibu (AKI) pada ibu hamil, antara lain kurangnya asupan zat gizi ibu hamil, akibat rendahnya pengetahuan ibu hamil tentang makanan sehat dan bergizi, preekamsia, Pendarahan, jantung dan Infeksi.

Selain itu, kondisi tersebut terjadi karena masih kurangnya peran Lintas sektor dalam penanganan ibu hamil Kek dan atau Anemia, serta angka kematian ibu (AKI). Berkaitan dengan penyebab dari masalah tersebut, maka perlu upaya atau Intervensi tertentu, salah satunya melalui pendampingan ibu hamil Kek atau Anemia. (Pri/pro)

Pos Terbaru